PT Jaya Trade Indonesia bekerjasama dengan PemKab Musi Banyuasin dan Pusat Penelitian Karet dalam Rencana Pembangunan Pabrik Pengolahan Aspal Karet di Kab Musi Banyuasin

09 Aug 2019

PT Jaya Trade Indonesia bekerja sama dengan Pemkab Musi Banyuasin dan Pusat Penelitian Karet merealisasikan Pengolahan Aspal Karet berbasis Karet Latex Pravulkanisasi, Pengolahan Aspal Karet di Sentra Kabupaten ini tercatat sebagai yang pertama di Indonesia.

Realisasi pendirian Pengolahan Aspal Karet ini tertuang dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Antara PT Jaya Trade Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan Pusat Penelitian Karet yang merupakan salah satu unit kerja dari PT Riset Pertanian Nusantara ini dilakukan pada hari Jumat tanggal 02 Agustus 2019 di Pusat Penelitian Karet di Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pada Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Antara PT Jaya Trade Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dan Pusat Penelitian Karet dihadiri oleh Bapak Agus Setiadi Lukita selaku perwakilan direksi PT Jaya Trade Indonesia, Direktur Pusat Penelitian Karet, Bapak Dr M Supriyadi,  turut hadir juga Bupati Musi Banyuasin Bapak Dodi Reza dan didampingi Kepala Bapeda Musi Banyuasin Bapak Ir Zulfakar MSi, Plt Kepala Dinas PUPR Bapak Herman Mayori ST MT, Kepala Dinas Perkebunan Bapak Drs Iskandar Syahrianto, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ibu Azizah ST MT, Kabag Hukum Musi Banyuasin Bapak Yudi Herzandi SH MH, Plt Kabag Humas Yettria SKM MSi.

Realisasi pembangunan Pabrik Pengolahan Aspal Karet berbasis Lateks Pravulkanisasi tersebut menjadi wujud kepedulian dan partisipasi dalam memberikan sumbangsih pada kemajuan agro industri karet pada masyarakat kabupaten Musi Banyuasin khususnya dan kemajuan agro industri karet nasional yang bermanfaat bagi seluruh Bangsa dan Negara Indonesia pada umumnya.

Plt Kepala Dinas PUPR Musi Banyuasin, Bapak Herman Mayori mengungkapkan di tahun 2019 ada beberapa pembangunan infrastruktur jalan aspal karet yang akan dilakukan, Diantaranya, Peningkatan jalan dikeluarkna Mangun Jaya Kec. Babat Toman, Lanjutan Peningkatan Jalan Sp Gardu Harapan KUD Trijaya – Tanjung Agung Selatan Kecamatan Lais, Peningkatan Jalan Halaman Rumah Dinas Bupati Musi Banyuasin, Kecamatan Sekayu, Lanjutan Peningkatan Jalan SD Model – Sp AMD Kecamatan Sekayu.

Selain itu, Lanjutan Peningkatan Jalan Kasmaran – Pinggap (DAK) Kecamatan Babat Toman, Peningkatan Jalan Talang Bayung – Lubuk Buah (DAK) Kecamatan Babat Toman dan Batanghari Leko, Peningkatan Jalan Rantau Sialang – C 5 (DAK) Kecamatan Sungai Keruh dan Sekayu. Kemudian, peningkatan Jalan KH Ahmad Dahlan – Jalan Kol Wahid Udin yang berasal dari reward dari Kementerian PUPR.

Dengan adanya Pabrik Pengolahan Aspal Karet ini nantinya diharapkan tidak hanya mampu menyerap lebih banyak produksi karet rakyat akan tetapi juga mampu meningkatkan kualitas hasil sadapan. Selain itu Pengolahan Aspal Karet ini juga akan memudahkan dan memaksimalkan realisasi pembangunan jalan aspal karet nantinya.

 

Posted in Acara on Aug 09, 2019